Sabtu, 22 Januari 2011

MENCARI LAFADZ ( TULISAN ) ALLAH DI NEGERI VIETNAM



Vietnam, adalah sebuah negara di Asia Tenggara, yang merupakan anggota ASEAN ke 10, negara ini mayoritas penduduknya adalah orang Indocina ( bentuk peralihan Cina ke Melayu ), dan sebagian kecil Melayu terutama di Vietnam Selatan.

Tentara Vietkong

Perang, dan pengungsi atau yang orang Indonesia kenal sebagai manusia perahu adalah masa lalu Vietnam. Perang Vietnam adalah salah satu perang yang paling mengerikan dalam sejarah peradaban manusia. Sekitar awal tahun 1970 an, tentara Amerika Serikat dengan menggunakan persenjataan modern dengan sombongnya menginvasi ( menyerang ) Vietnam, namun perlawanan rakyat Vietnam yang disebut gerilyawan Vietkong telah membungkam rapat-rapat kesombongan Amerika Serikat. 

Manusia Perahu ( Pengungsi Vietnam )

Puluhan ribu tentara Amerika dibunuh secara sadis di oleh tentara Vietkong, puluhan pesawat tempur Amerika juga berhasil dirontokkan oleh gerilyawan Vietkong, yang hanya bersenjatakan seadanya. Ya hanya Film Khayalan siang bolong Rambo saja yang menang perang Vietnam, selebihnya Amerika Serikat menjadi pecundang di sini. Sehingga di Amerika ada ungkapan Vietnam lebih kejam dari pembunuhan.

VIETNAM HARI INI





Namun itu semua adalah masa lalu Vietnam, meski menang perang secara militer, namun Vitenam kalah perang secara ideologi. Sejak tahun 1991, Vietnam harus menerima kenyataan bahwa Ideologi Sosialis Komunisnya runtuh seiring runtuhnya Uni Soviet, Vietnam pun terpaksa harus ikut arus dunia yaitu beridiologi Kapitalisme.


Seperti halnya Cina dan Rusia, Vietnam juga menganut dua sistem yaitu Komunis untuk pemerintahannya dan Kapitalis untuk ekonominya.



Hasilnya adalah pertumbuhan perekonomian yang cukup memuaskan, ditunjukkan dengan lautan sepeda motor di jalanan ibu kota layaknya kota Jakarta, pembangunan gedung-gedung pencakar langit, dan merupakan alternatif investasi di Asia Tenggara.

BAGAIMANA DENGAN UMAT ISLAM DI VIETNAM ??
Tidaklah mudah menemukan kaum muslim di Vietnam, jangankan kaum muslim, orang yang mengaku beragama saja sulit ditemukan di Vietnam, ini adalah karena Ideologi Komunis atheis yang dianut pemerintah Vietnam. Berdasarkan sensus hanya sekitar 20% penduduk Vietnam yang mengaku beragama, dan di Ibukotanya yaitu Hanoi, hanya 2 % saja penduduknya yang menganut suatu agama, dan umat Islamnya termasuk yang 2 % itu bersama agama Kristen, Katolik, Budha, Cao Dai, atau aliran kepercayaan asli penduduk Vietnam.

HANYA ADA SATU MASJID DI HANOI





Seiring dengan sedikitnya umat Islam di sana, maka hanya ada satu buah bangunan Masjid di Hanoi, masjid itu bernama An Noor, namun lebih dikenal sebagai “Indian Pagoda “  atau Pagoda dari India. Pagoda India ini terletak di 12 Hang Luoc Street Km Ma Comune, Hoam Kim District Hanoi, dibangun sebelum era komunis yaitu oleh imigran dari India, sekitar tahun 1890 an.





Masjid ini banyak dipakai oleh orang asing, yaitu dari kedutaan negara Muslim, seperti Indonesia, Malaysia dan Timur Tengah, sedangkan kaum muslim asli Vietnam hanya sekitar 64 orang saja di Hanoi. Di dekat masjid juga berdiri sekolah Islam terpadu Al Fath, yang didirikan oleh orang Afganistan dan Arab.

SANGAT SEDIKIT





Menurut sensus terakhir, kaum muslim di Vietnam hanya berkisar 63.147, dan 85 % adalah orang asing ( Imigran dari Melayu, Arab dan India ), sebagian besar mereka tinggal di Ho Chi Min City ( Saigon ). Jadi Vietnam merupakan lahan dakwah yang luas.
Untuk itu hanya Negara Khilafah saja yang mampu membawa Islam sampai ke Vietnam, menyadarkan dan membebaskan orang Vietnam dari Atheisme menuju agama yang kebenarannya Hakiki yaitu Islam.

Sumber : Media Umat edisi 47.

2 komentar:

latitu chan mengatakan...

Ya Allah Ya Robbi, ternayat di Vietnam umat islam hanya 64 orang.


ngikut ngeshare yak

Redaksi mengatakan...

64 itu di Hanoiibukotanya, tetapi di tempat lain mungkin lebih banyak.

SILAHKAN

DALAM NEGERI

DALAM NEGERI
PERMOHONAN DONASI UNTUK PEMBANGUNAN GEDUNG BARU YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM EL DIINA PURWOKERTO

Dalam Negeri

Dalam Negeri
93% Facebookers Memilih “Indonesia tanpa JIL” Daripada “Indonesia tanpa FPI” Sumber: http://www.dakwatuna.com/2012/02/18737/93-facebookers-memilih-indonesia-tanpa-jil-daripada-indonesia-tanpa-fpi/#ixzz1mzSmbSeG

Dalam Negeri

Dalam Negeri
Korban Malam Valentine: Sepasang Kekasih Tewas Cekcok Soal Hamil Zina

Internasional

Internasional
Suriah Serang Habis-habisan Kota-kota yang Dikuasai Pemberontak

PASAR ANDROID

PASAR ANDROID, DOWNLOAD BANYAK APLIKASI ANDROID BERBAYAR ( PREMIUM ) DENGAN GRATIS

Tentang Kami

Sahabat

Penggemar