Senin, 19 September 2011

KEDISIPLINAN DALAM AJARAN ISLAM, MEMBUAHKAN KEPEMIMPINAN DUNIA


Jam menunjukkan pukul 06.00 pagi, matahari pun merekah memancarkan sinar terangnya yang kekuningan, menembus celah-celah jendela kamar, hari sudah terang benderang, alarm jam berbunyi, di kamar itu seorang cewek dengan potongan rambut pendek ala cewek tomboy bangun, dan tiba-tiba.... “ Selamat kamu berhasil bangun pagi”... sebuah suara mengejutkan si cewek tomboy itu, dan ternyata iklan sebuah merk Mie Instan Cup di televisi, dan kata-kata terakhir iklan itu adalah, “Loe emang pantas dapat ...( merk mie instan itu )”.

Coba pikir sobat, iklan itu menyesatkan gak???, jelas menyesatkan sekali, memang jam 6.00 pagi itu memang masih pagi, tapi dalam konteks bangun tidur itu sudah kesiangan. Coba kalau si cewek itu masih sekolah, masuk sekolah jam 7, dia bangun jam 6, kemudian mandi, dandan ,habis itu sarapan, paling tidak makan waktu sekitar 30 menit, dia baru berangkat jam 6.30, iya kalau jarak sekolahnya dekat Cuma makan waktu 10 menitan, gak masalah, tapi kalau sekolahnya aja jauh, makan waktu 30 menit lebih, jelas telat, terlebih lagi kalau sekolahnya di kota besar kaya Jakarta yang macet luar biasa, seharusnya waktu tempuh Cuma 10 menit bisa sampai 40 menit akibat macet.

Satu kali lagi, jika bangun pagi jam 6, kayaknya telat sholat Subuh deh, iya sholat subuh kan umumnya antara jam 4.30-5.00, lah berarti bangun pagi ala siapa itu??, jangan-jangan bangun pagi ala orang kafir yang akan diaplikasikan ke dalam sistem bangun paginya kaum muslimin, wah bisa semakin terpuruk nih umat, udah bangun kesiangan, gak sholat subuh pula...ah kau ini, macam mana pula.

Mungkin kata-kata terakhir yang sangat pantas bagi cewek di iklan tersebut adalah “LOE EMANG PANTAS DISIRAM AIR DINGIN, DASAR KEBO...!!!!!”.

AJARAN DISIPLIN DALAM ISLAM

Dulu waktu penulis sekolah, penulis sering diajarkan bahwa disiplin adalah produk budaya barat yang bisa dijadikan teladan bagi kita orang Indonesia, namun setelah penulis agak mikir sedikit akhirnya timbul sebuah pertanyaan, “apa iya???”.
Memang kata disiplin berasal dari bahasa Inggris yaitu “Discipline”, dan diadopsi oleh bahasa kita. Namun benarkah sebenarnya ajaran disiplin itu murni berasal dari barat??, perlu kita kaji.

Tepat Waktu


Salah satu bagian dari ajaran disiplin adalah tepat waktu. Coba pikir bukankah ajaran tepat waktu ada pada Islam, dalam masalah Ibadadah saja kita harus tepat waktu, tidak boleh telat, misalnya dalam hal sholat, sudah ada waktunya masing-masing, misalnya sholat magrib, maka waktunya adalah saat tenggelamnya matahari sampai warna merah langit di ufuk barat menghilang, jadi sekitar 40 menit kita diberi waktu melaksanakan sholat magrib, selepas itu kita sudah telat sholat magribnya.

Dalam sholat subuh, bukankah dalam syair adzan Sholat subuh ditambahkan kalimat “assholatu khairum minan nauum !!!”, yang artinya sholat lebih baik daripada tidur. Bukankah itu ajaran kedisiplinan Islam. Masih banyak contoh kedisiplinan Islam dalam hal ibadah.

Tertib



Tertib juga salah satu ajaran disiplin, dimana ketika kita melaksanakan atau menggunakan sesuatau harus sesuai dengan aturan yang ada.

Misalnya saja, dalam hal wudhu, maka rukun wudhu harus dijalankan semua secara urut dari membasuh telapak tangan sampai membasuh kaki. Gak boleh kita wudhu seenaknya, misalnya membasuh tangan dulu, lalu kaki, baru kumur-kumur, lalu selesai, itu namanya tidak tertib.

Selain itu kita dalam sholat pun harus diusahakan khusu’ tidak terburu-buru, harus tepat rakaatnya, jangan asal bikin rakaat sendiri, atau seenaknya sendiri. Semua ibadah dalam Islam haruslah tertib, teratur dan ada aturannya yang jelas dan tegas baik dalam Al Quran maupun Hadis.

Tertib di sini tak hanya untuk masalah ibadah seperti sholat saja, tapi juga untuk syariat yang lain, jadi tertib yang seharusnya adalah tertib yang kaffah.

BANDINGKAN DENGAN ATURAN IBADAH AGAMA LAIN

Agama selain Islam kebanyakan hanya menggunakan kebiasaan dan inovasi dalam ibadahnya saja, misalnya agama kristen melakukan peringatan Natal, coba tuh geledah kitab Bibel, baik perjanjian lama atau baru, ayat mana yang menyebutkan kewajiban merayakan Natal???, jawabannya tak ada satupun. Udah gitu ada orang Islam yang ikut-ikutan memberikan selamat natal.

Umat lain, misalnya umat Konghucu ( Budha Cina ) yang merayakan Imlek, coba apa ada ajaran Budha asli dalam kitab Tripitaka yang menyebutkan ada perayaan Imlek?.

Masih banyak contoh ibadah-ibadah agama lain yang tidak bersumber pada kitab sucinya, alias hanya bersumber pada kebiasaan dan tradisi semata. Sehingga tak ada aturan baku mengenai ajaran ibadah mereka.

DISIPLIN DALAM ISLAM, UNTUK MERAIH DUNIA DAN AKHIRAT

rahasia waktu subuh

Banyak hadis-hadis dalam Islam tentang kedisiplinan, misalnya hadis-hadis yang menyebutkan tentang keutamaan waktu subuh, keutamaan bangun pagi dan sebagainya yang disebutkan Rasulullah Saw jauh sebelum Eropa tahu betapa pentingnya bangun pagi bagi sebuah peradaban.

Ya Allah, berkatilah umatku di pagi hari waktu fajar (bangun pagi )”. HR. Ahmad. Maksudnya adalah nabi Muhammad Saw berdoa kepada Allah agar Dia memberkati umat Islam yang bangun ketika waktu fajar, yaitu diwaktu ketika warna langit timur mulai memerah, atau sesaat sebelum waktu subuh tiba. Sehingga setiap muslim yang bangun saat fajar, kemudian menunaikan sholat sunnah fajar, dan dilanjutkan sholat subuh, maka berkah dari Allah SWT insya Allah akan turun kepadanya.

Dengan bangun pagi maka kita bisa melakukan banyak hal, seperti membaca Al Quran, belajar pelajaran, mengerjakan PR, olahraga, mempersiapkan sesuatu pun akan lebih siap, serta baik untuk kesehatan.

Pagi hari juga adalah waktu dibaginya rezeki oleh Allah Swt kepada setiap makhluk-Nya, maka istilah bangun kesiangan maka rezekinya akan dipatok ayam, itu adalah istilah yang tepat sekali.

Bahkan seorang Rahib Yahudi dari Israel mengatakan, ketika umat Islam melaksanakan sholat subuh berjamaah di masjid sudah seramai sholat Jumat, maka dijamin Yahudi akan kalah dari Islam. Hal ini terbukti 1000 tahun yang lalu, dimana di kota-kota utama Negara Khilafah Islam, umat-umat Islam berbondong-bondong ke masjid ketika pagi hari untuk sholat subuh berjamaah ramai-ramai, maka saat itu Bani Israel tidak ada apa-apanya bagi kaum muslimin.

Banyak keistimewaan bangun pagi menurut ajaran Islam yang tidak bisa disebutkan satu persatu dalam blog ini, entar kepanjangan. Yang jelas kedisplinan dalam Islam tak hanya untuk meraih dunia saja tapi juga akhirat.

Ajaran Disiplin Barat Demi Memuaskan Keserakahan Mereka



Selama berabad-abad, barat dan Yahudi banyak mempelajari kebiasaan kaum muslim untuk mengungkap kesuksesan mereka mempimpin dua pertiga dunia. Salah satu yang dipelajari adalah tentang kedisiplinan kaum muslimin.

Ingat bagaimana kota Konstantinopel dapat ditaklukan oleh kaum muslimin, dan menjadi kotanya kaum muslim sekarang ini, sampai-sampai soting sinetron yang berbau Islami di salah satu stasiun Televisi pun berlatar belakang kota Istanbul ( Konstantinopel ) Turki. Itu adalah berkat kedisiplinan pasukan Inkisaria ( Royal Janissaries ), dan juga kedisiplinan panglima perangnya yaitu Muhammad al Fatih. Karena penakluk Konstatinopel adalah sebaik-baiknya panglima perang dan sebaik-baiknya tentara.
Itu adalah salah satu rahasia sukses umat Islam yang dicuri barat.

Barat sadar, bahwa hanya dengan kedisiplinan mereka mampu bangkit dari keterpurukan, dan mampu menjajah dunia. Namun kedisiplinan mereka bukan untuk meraih amal ibadah tapi demi keserakahan dunia semata-mata, mereka takut telat bangun pagi karena takut ketinggalan teman-temannya dalam menjarah harta orang lain, atau mereka takut kehilangan banyak waktu karena takut tidak dapat uang banyak. Ajaran disiplin mereka adalah time is money (waktu adalah uang), yah hanya uang, money, duit dan fulus yang ada di dalam benak mereka, makanya tidak salah ketika sistem Demokrasi yang mereka kampanyekan tak jauh-jauh dari uang, alias ujung-ujungnya duit.

KESIMPULANNYA

Jadi ajaran disiplin sebenarnya tidak berasal dari barat, namun merupakan ajaran umum setiap masyarakat sesuai dengan adat, tradisi dan budaya masing-masing, termasuk Islam. Namun di sini Islamlah yang paling lengkap ajaran kedisiplinannya, karena tak hanya masalah dunia saja tapi juga masalah ibadah dan keakhiratan.

DENGAN DISIPLIN MELAKSANAKAN SYARIAT-NYA, KITA PASTI DAPAT BANGKIT KEMBALI


Menurut Wikipedia, disiplin adalah bentuk ketaatan pada suatu nilai, suatu aturan baik itu tertulis atau tidak, dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab.

Syariat Islam adalah seperangkat aturan yang dibuat oleh Yang Maha Berwenang ( Allah SWT ) untuk mengatur seluruh manusia di dunia tanpa kecuali, dan sifatnya memaksa. Kenapa memaksa, karena itu hukum, ada hal-hal yang sifatnya wajib ( harus dilaksanakan ) dan haram ( harus dijauhi ). Memaksa di sini bukan berarti memaksa non muslim untuk masuk Islam, tetapi memaksa mereka untuk tunduk pada hukum Islam yang sifatnya umum seperti pidana ( jinayat, uqubat ) dan tata negara, jadi ketika non muslim melanggar hukum Islam yang sifatnya umum mereka akan dihukum sebagaimana seorang muslim yang melanggar juga.

Syariat Islam harus dilaksanakan secara kaffah, dimana tak ada lagi tawar menawar untuk melaksanakan syariat sesuai kehendak nafsu manusia. Pelaksanaan syariat Islam secara kaffah dan penuh tanggung jawab inilah yang akan membuat kaum muslimin di dunia dan khususnya di Indonesia mampu bangkit kembali meraih kejayaannya.




0 komentar:

DALAM NEGERI

DALAM NEGERI
PERMOHONAN DONASI UNTUK PEMBANGUNAN GEDUNG BARU YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM EL DIINA PURWOKERTO

Dalam Negeri

Dalam Negeri
93% Facebookers Memilih “Indonesia tanpa JIL” Daripada “Indonesia tanpa FPI” Sumber: http://www.dakwatuna.com/2012/02/18737/93-facebookers-memilih-indonesia-tanpa-jil-daripada-indonesia-tanpa-fpi/#ixzz1mzSmbSeG

Dalam Negeri

Dalam Negeri
Korban Malam Valentine: Sepasang Kekasih Tewas Cekcok Soal Hamil Zina

Internasional

Internasional
Suriah Serang Habis-habisan Kota-kota yang Dikuasai Pemberontak

PASAR ANDROID

PASAR ANDROID, DOWNLOAD BANYAK APLIKASI ANDROID BERBAYAR ( PREMIUM ) DENGAN GRATIS

Tentang Kami

Sahabat

Penggemar