Minggu, 08 Januari 2012

IMAJINASI PRIMITIF ( Mitos )


Nyi Roro Kidul, penunggu gunung kawi, dan sebagainya, atau roh-roh gentayangan yang menjadi hantu penunggu tempat-tempat angker, seperti terowongan Casablanca, Tol Cipularang kilometer tertentu dan sebagainya. Semua itu adalah mitos, dan yang namanya mitos, hanya orang dungu saja yang percaya dan meyakininya.

Oke tapi bukan itu mitos yang akan penulis bahas dalam posting blog kali ini, karena semua tahu lah yah, mitos-mitos di atas itu adalah kepercayaan primitif yang tak mungkin dipercayai dan diyakini oleh generasi internet semacam kita. Coba pikir masa mainya Facebook, Twitter, game online, ngeblog dan lainnya masih aja percaya sama begituan, apa gak malu sama laptop.

MITOS


Mitos atau Sotim ( kalau dibalik bacanya ), adalah sebuah imajinasi primitif manusia, yang sifatnya hanya sebatas imajinasi, kalaupun menjadi kenyataan itupun bukan karena mitos itu benar, tapi ada hal lain membantu dan seolah mitos itu nyata.

Mitos menjadi hal yang merepotkan dan menyusahkan untuk mengubah masyarakat menuju kebangkitan dan kemajuan. Contohnya saja jaman Nabi Muhammad yang berdakwah di Mekah yang saat itu penduduknya masih percaya pada mitos berhala.

Imajinasi
Semua manusia punya imajinasi, karena imajinasi adalah bagian dari seni kehidupan. Imajinasi bisa menghasilkan hal yang luar biasa, tapi juga bisa menjadikan manusia semakin terpuruk, mundur dan terbelakang ( Imajinasi Primitif ).

Imajinasi yang menghasilkan sesuatu yang luar biasa misalnya dulu manusia berkhayal bisa terbang seperti burung, bebas di langit biru, dan hasilnya dari Ibnu Firnas sampai Wright bersaudara berhasil membuat manusia benar-benar bisa terbang.

Sedangkan imajinasi yang hanya menghasilkan khayalan kosong, yang membuat manusia semakin terpuruk, itulah yang disebut mitos atau imajinasi primitif. Nah penulis akan menyebutkan beberapa mitos yang beda, dan tak ada hubungannya dengan hal-hal klenik, Jin dan lainnya. Namun mitos yang berada di dunia nyata, dan masih dipakai manusia modern di era internet dan digital sekarang ini.

MITOS DEMOKRASI, SATU-SATUNYA SISTEM YANG MENGHASILKAN KEMAKMURAN


Imajinasi primitif ( mitos ) ini sudah diajarkan sejak kita SD. Mitos ini selalu dilawankan dengan kediktatoran, kalau tidak demokrasi berarti diktator, dan demokrasi adalah satu-satunya jalan menuju kemakmuran. Benarkah demikian???

Demokrasi berarti juga kedaulatan dari, oleh dan untuk rakyat, tapi yang namanya mitos tetaplah sebuah imajinasi primitif. Kenyataanya kedaulatan rakyat tak pernah ada, di Amerika Serikat dan di seluruh negara demokrasi lainnya termasuk Endonesa negara kita yang berkuasa adalah duit, fulus dan money. Jadi demokrasi adalah kekuasaan dari uang, oleh fulus dan untuk money.

Amerika, barat, Jepang, dan negara lain yang mengaku demokratis, makmur karena menjajah negara lain, baik secara fisik maupun ekonomi, bukan karena demokrasinya. Justru demokrasi boros uang dan tidak mendukung pembangunan ekonomi. Lihat negara otoriter Cina, maju juga bukan karena demokrasi.

MITOS SEKTOR NON RIIL  PILAR UTAMA EKONOMI


Saat krisis moneter Indonesia tahun 1998, banyak Bank bangkrut yang dilukuidasi dan di bail out ( diberi uang oleh pemerintah), kasus terbaru Bank Century yang banyak sekali pihak mensinyalir Presiden kita juga terlibat.

Bagi ekonomi Kapitalisme, Riba dan Saham adalah pilar ekonomi yang menghasilkan kemakmuran, sehingga ketika krisis sektor inilah yang pertama kali diselamatkan. Namun sekali lagi sebuah imajinasi primitif ( mitos ) sektor non riil seperti bursa efek tak pernah berefek pada kemajuan negara dan kemakmuran, sektor ini justru menyebabkan uang berkumpul pada satu tempat saja tanpa bertemu barang dan jasa yang mengakibatkan semakin tersendatnya perekonomian negara. Ibarat tubuh adalah ekonomi, darah adalah uangnya, maka jika darah hanya beredar misalnya di kaki saja, sedangkan yang beredar di kepala hanya sedikit, maka matilah tubuh itu. Kenyataanya di Indonesia saja 80 % uang rupiah hanya beredar di bursa efek tanpa bertemu atau menghasilkan barang dan jasa.

MITOS NASIONALISME SUMBER KEBANGKITAN


Generasi muda jaman sekarang sudah luntur rasa nasionalismenya, jawab penulis, ya syukur kalau gitu, berarti ada kemajuan. Nasionalisme bangkit karena perasaan cinta tanah air yang berlebihan ( memang cinta kadang-kadang tak ada logika ). Yang jelas Nasionalisme ( Wathaniyah ) adalah muncul ada ancaman dari bangsa lain, seperti penjajahan, diserang atau ketika timnasnya bertanding dengan timnas negara lain. Mereka mengatakan bahwa Nasionalisme adalah sumber kebangkitan.

Kenyataanya, pernahkah kita bangkit dengan nasionalisme ????.... jawaban yang cerdas adalah belum dan tak akan pernah. Kaum muslim terpecah menjadi 72 golongan ( HR. Muslim ), sekarang ada 52 negara muslim, berarti kurang 20, kira-kira negara muslim manalagi yang mau pecah karena Nasionalisme yah???, biar pas 72 gitu.

Khilafah juga runtuh karena paham nasionalisme, runtuhnya Khilafah menyebabkan kaum muslim terpecah menjadi 52 Nation State ( Negara Bangsa ) dengan imajinasi primitif Nasionalisme sebagai dogma utamanya. Akibatnya kaum muslim yang seharusnya bersaudara tak peduli satu sama lain, ekonominya dengan mudah dijajah asing, sumber daya alamnya dirampok, dan akhlak kaum muslim dirusak penjajah. Nasionalisme juga melemahkan kaum muslimin sampai titik terendah, menyebabkan kaum muslim tak mampu melihat mana kawan dan mana lawan.

Yang jelas dalam Islam, ikatan yang mengikat manusia yang benar adalah ikatan pemikiran, bukan perasaan, karena perasaan harus dibimbing oleh pemikiran, sehingga ikatan dalam Islam bukan Nasionalisme ( ikatan perasaan cinta buta kepada tanah air ) tapi ikatan akidah ( pemikiran menyeluruh mengenai alam semesta, manusia dan hidup ) yaitu akidah Islam.

MITOS SUBSIDI BBM


Iklan di televisi yang paling baru adalah iklan bensin pertamax, atau bensin dengan oktan tinggi ( 92 ). Di iklan itu digambarkan betapa malunya ketika mobil mewah memakai bensin Premium ( bersubsidi ) dan tak pakai pertamax ( non subsidi ).

Ini adalah iklan yang berimajinasi primitif. Ini realitanya, menurut Kwik Kian Gie seorang pakar ekonomi, untuk memproduksi 1 liter bensin hanya dibutuhkan Rp. 475,00, yah gampangnya Gope ( Rp. 500 ) lah. Lah sekarang premium Rp.4500,00, lah itu mana yang disubsidi?????. Lagian minyak bumi Indonesia dapat menghasilkan bensin dengan oktan tinggi ( Pertamax ), dan menurut hitungan Kwik Kian Gie di atas biaya produksi untuk satu liternya hanya membutuhkan modal Gope. Logikanya Pertamax dijual Rp. 750 per liter aja negara udah untung banyak tuh.

Kenyataan lain, minyak bumi kita diekspor dengan harga murah, dan kita beli bensin, LPG, dari negara lain dengan harga mahal, itulah yang oleh negara kita disubsidi, jadi kita mensubsidi negara lain, sedangkan rakyat kita gak disubsidi. Benar-benar sebuah IMAJINASI PRIMITIF.

Selain itu negara kita menghasilkan gas LNG yang oktannya lebih tinggi dan lebih murah daripada gas LPG ( Elpiji ) dari luar negeri, tapi kok kita harus beli gas LPG, bukannya gas LNG??? Katanya suruh mencintai produk dalam negeri???, wah sekali lagi benar-benar IMAJINASI PRIMITIF.

MITOS SEMUA POLITIK ITU BUSUK


Sebuah imajinasi primitif yang umum masih dipahami oleh sebagian masyarakat, mereka menganggap bahwa Politik itu kotor dan busuk, sehingga Islam harus dijauhkan dari politik. Politik busuk karena tak ada kawan sejati dan lawan sejati yang ada adalah kepentingan sejati.

Iya kalau politik kafir memang seperti itu, busuk, kotor dan tak bermoral serta menyengsarakan rakyat, karena standar politiknya bukan Halal dan Haram, tapi uang dan kekuasaan. Tetapi akan berbeda dengan politik Islam yang mampu memakmurkan, mensejahterakan dan membangkitkan umat ke dalam kebangkitan yang nyata. Banyak dalil-dalil politik baik itu dalam Al Quran, dan Hadist. Dan prestasi politik Islam bisa kita lihat dengan jayanya sistem negara Khilafah selama lebih dari 10 Abad lamanya, menaungi 2 per 3 dunia serta memakmurkannya. Jadi, Islam harus dipisahkan dari politik adalah sebuah Imajinasi Primitif. Tanpa standar moral yang jelas ( Islam ) justru para politikus akan benar-benar menjadi tikus yang rakus.

MITOS DERADIKALISASI ISLAM UNTUK MENCEGAH KEKERASAN DAN TERORISME


Program yang memboroskan uang pajak rakyat tapi tak laku karena bersumber dari Imajinasi Primitif para pengusungnya ini, benar-benar gak jelas juntrungannya, entah berapa milyar uang rakyat terbuang sia-sia untuk program itu.

Penyebab utama Terorisme itu bukan karena pemahaman agama ( Islam ) yang radikal, soalnya gak ada itu istilah radikal-radikalan dalam memahami Islam. Sebab utama adalah penjajahan ekonomi oleh Kapitalisme, rakyat miskin dan menderita, dan juga rekayasa intelejen asing seperti Zionis ( Mossad ) dan CIA ( AS ). Jadi program deradikalisasi yang digulirkan BNPT hanyalah sebuah Imajinasi Primitif yang konyol.

TAHUN TELAH BERGANTI, MARI KITA JUGA GANTI IMAJINASI PRIMITIF DENGAN REALITA MASA DEPAN


Berimajinasi memang tak salah, apalagi imajinasi yang produktif, menghasilkan karya inovatif demi kemakmuran bersama, tapi kalau imajinasi primitif, sungguh merupakan perbuatan sia-sia.

Sesungguhnya masa depan dunia ini milik Islam, berbagai dalil Al Quran, Hadis bahkan penelitian ilmiah barat pun mengakui bahwa masa depan dunia benar-benar milik Islam. Untuk itulah maka kita sebagai kaum muslimin haruslah segera keluar dari kurungan imajinasi primitif ( mitos ) yang mengurung kebangkitan kita dan menegakkan sebuah Realita Masa Depan yaitu Syariah dan Khilafah, untuk melanjutkan kehidupan Islam. Sesungguhnya kemenangan Islam sudah dijanjikan Allah Swt.




0 komentar:

DALAM NEGERI

DALAM NEGERI
PERMOHONAN DONASI UNTUK PEMBANGUNAN GEDUNG BARU YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM EL DIINA PURWOKERTO

Dalam Negeri

Dalam Negeri
93% Facebookers Memilih “Indonesia tanpa JIL” Daripada “Indonesia tanpa FPI” Sumber: http://www.dakwatuna.com/2012/02/18737/93-facebookers-memilih-indonesia-tanpa-jil-daripada-indonesia-tanpa-fpi/#ixzz1mzSmbSeG

Dalam Negeri

Dalam Negeri
Korban Malam Valentine: Sepasang Kekasih Tewas Cekcok Soal Hamil Zina

Internasional

Internasional
Suriah Serang Habis-habisan Kota-kota yang Dikuasai Pemberontak

PASAR ANDROID

PASAR ANDROID, DOWNLOAD BANYAK APLIKASI ANDROID BERBAYAR ( PREMIUM ) DENGAN GRATIS

Tentang Kami

Sahabat

Penggemar