Rabu, 17 November 2010

PAKAI PRODUK-PRODUK BUATAN ORANG KAFIR….. HARAM ????



“eehhh hati-hati lho pakai hape Nokia, itu kan buatan orang Yahudi, haram “, kata seorang siswa kepada temannya yang sedang asyik bermain Handphone. “Apa iya, bener gitu”, temannya menjawab.

Mungkin peristiwa di atas pernah kita alami, atau kita pernah bertanya-tanya, eh aku boleh gak yah pake Hape merk ini katanya buatan orang Yahudi, ehh produk ini buatan orang kafir, boleh gak yah???.

JAWABANNYA
Mungkin jika kita tidak memahami Syariat Islam secara mendalam, kita akan kebingungan untuk menentukan Halal, Haramnya suatu produk budaya, peradaban dan ilmu pengetahuan serta teknologi suatu kaum.

Bahkan kita akan salah kaprah dalam memakai mana yang sebenarnya gak boleh ( Haram ) untuk dipakai, mana yang boleh ( Halal ), dan mana yang Wajib untuk dipakai.

HADLARAH DAN MADANIYAH
Alah apapula ini ??.
Untuk memahami produk-produk baik itu hasil budaya, peradaban dan iptek suatu bangsa maka kita harus memahami apa itu hadlarah dan madaniyah.

A.    Hadlarah -> adalah suatu hasil pemikiran yang mengandung akidah agama, atau Ideologi, atau sekumpulan ide yang berhubungan dengan fakta yang merupakan bagian dari suatu akidah agama, atau ideologi. ( kitab Nizamul Islam, Syaikh Taqiuddin An Nabhani )
Bingung ya...!!!, ok kakak kasih contoh saja biar gak bingung. Hadlarah itu misalnya : Syahadat ( Islam ) Khilafah ( Islam ), Puasa Ramadhan ( Islam ), Trinitas ( Kristen ), Trimurti ( Hindu ), Pacaran ( Kafir ), Kapitalisme, Sekulerisme, Demokrasi, Komunisme, Fasisme, dan sebagainya.

DEMOKRASI ADALAH HADLARAH DARI LUAR ISLAM

B.     MADANIYAH -> Adalah produk-produk yang bersifat fisik dari suatu kaum, suatu budaya, suatu Ideologi, dan agama, seperti Laptop, Ponsel, Ipad, Sepeda Motor, Mobil, Masjid, Gereja, Klenteng, Baju, makanan, dan sebagainya.
Madaniyah mempunyai dua jenis :

a.     Madaniyah yang mengandung Hadlarah, seperti Masjid ( Hadlarah Islam), Jilbab ( Hadlarah Islam ), Gereja ( Hadlarah Kristen ) Salib ( Kristen ), teori evolusi, dan sebagainya.

masjid adalah madaniyah yang mengandung Hadlarah Islam

b.     Madaniyah yang murni dari pengaruh Hadlarah, seperti Hape, laptop, ipad, mobil ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak mengandung akidah selain Islam dan sebagainya.

sepeda motor dan produk teknologi lain adalah Madaniyah Murni

MANA YANG HALAL DAN MANA YANG HARAM ???????????????????????



Nah sebagai kaum muslim kita harus tahu mana yang Wajib, mana yang halal dan mana yang haram.

Hadlarah
Semua bentuk Hadlarah selain Islam, itu hukumnya HARAM, dan semua Hadlarah Islam hukumnya WAJIB dan atau Sunnah tergantun syariat yang menghukuminya.

Demokrasi adalah Hadlarah diluar Islam, jadi hukumnya Haram

Rasulullah saw bersabda
Barang siapa meniru suatu kaum maka dia bagian dari kaum tersebut ( yang ditirunya ). HR. Bukhari Muslim.

Jadi kesimpulan dari Hadis di atas semua Hadlarah selain yang bersumber dari Islam hukumnya HARAM untuk dipakai.

Madaniyah
è Madaniyah yang mengandung Hadlarah, hukumnya sama dengan Hadlarah yaitu selain yang bersumber dari Islam hukumnya HARAM, seperti kalung salib karena mengandung hadlarah kristen sehingga hukumnya haram, daging babi, khamr itu juga Haram karena mengandung Hadlarah kafir.

pacaran adalah Hadlarah Kafir, akibat buruknya Hamil diluar nikah, aborsi, free sex

è Madaniyah yang murni dari Hadlarah, maka hukumnya boleh-boleh saja alias halal, seperti Laptop, Hape, Motor, lmu pengetahuan dan teknologi, karena itu adalah produk umum, dan tidak mencerminkan akidah suatu kaum.



Rasulullah saw, bersabda “ilmu bagi kaum mukmin adalah ternaknya yang hilang, maka carilah dan dapatkanlah walaupun dari mulut orang kafir “. HR. Ahmad.

Sahabat Umar bin Khatab pernah mengadopsi sistem administrasi keuangan Persia yang disusun oleh orang kafir Persia, dan Beliau menolak Filsafat Persia karena mengandung akidah agama Zoroaster ( agama Persia ).

Ilmuwan-ilmuwan muslim mengadopsi teori Archimides, dan ilmu pengetahuan dari Yunani lainnya dan dikembangkan dengan sangat mengagumkan.
Kitab Rujukan : Nizam al Islam ( Syekh Taqiudin an Nabani )

0 komentar:

DALAM NEGERI

DALAM NEGERI
PERMOHONAN DONASI UNTUK PEMBANGUNAN GEDUNG BARU YAYASAN PENDIDIKAN ISLAM EL DIINA PURWOKERTO

Dalam Negeri

Dalam Negeri
93% Facebookers Memilih “Indonesia tanpa JIL” Daripada “Indonesia tanpa FPI” Sumber: http://www.dakwatuna.com/2012/02/18737/93-facebookers-memilih-indonesia-tanpa-jil-daripada-indonesia-tanpa-fpi/#ixzz1mzSmbSeG

Dalam Negeri

Dalam Negeri
Korban Malam Valentine: Sepasang Kekasih Tewas Cekcok Soal Hamil Zina

Internasional

Internasional
Suriah Serang Habis-habisan Kota-kota yang Dikuasai Pemberontak

PASAR ANDROID

PASAR ANDROID, DOWNLOAD BANYAK APLIKASI ANDROID BERBAYAR ( PREMIUM ) DENGAN GRATIS

Tentang Kami

Sahabat

Penggemar